Selamat datang di ebukuku.blogspot.com

Lampu sen Vixion - 4 tahun harus ganti???

16 Oktober 20128comments

Sempat kaget ketika liat lampu Vixion saya yang sebelah depan bagian kanan mengalami keretakan, bahkan akhirnya robek pada bagian karetnya. Sempat pula berfikir apa ada orang iseng yang merusak lampu sein saya, atau mungkin tersangkut atau terbentur orang lain ketika parkir di tempat umum.

Karet lampu sen yang robek


Akhirnya saya coba untuk mengakalinya dengan menggunakan lem super yang biasa dijual dipinggir jalan seharga 5000an perak. Agak susah menempel walau sudah saya bersihkan, tapi sukurnya setelah saya pegang beberapa saat robekan itu bisa menempel dengan kuat. bereslah sudah. 

Tapi itu ternyata hanya bertahan beberapa hari. Malah terjadi robekan lagi disebelahnya, dan kali ini malah lebih lebar. Malahan lampu sen depan sebelah kiri ikutan robek juga (waduh jadi bikin pusing aja nih). Sempat tanya sana sini buat ngakalinnya, sampai ada usulan untuk tetap menggunakan lem super tetapi diaplikasikan dengan serbuk semen halus dibagian atasnya dan dibasahi lagi dengan lem super. Pecah lah sudah masalah yang ada

Karet lampu sen setelah diberi campuran semen dan lem super


Sempat bertahan hingga beberapa bulan (lebih dari 3 bulan...  he.. he... he...) membuat saya lupa dan malas mengganti lampu sen yang patah. Hingga suatu hari kembali lampu sen depan sebelah kanan patah lagi. Kali ini patahan berada tepat di sebelah pinggir yang menempel pada dudukannya. campuran lem super dan serbuk semen halus tidak mungkin saya pakai. Jadi terpaksa saya pakai tali plastik yang biasa untuk mengikat.
 


Iseng punya iseng, saya periksa lampu sen belakang. Ternyata dua-duanya mulai menunjukan robekan juga (aduh sedihnya...). Sempat nyoba untuk dilem + semen, tapi karena posisinya yang sempi bikin susah. jadinya ya diputuskan untuk ganti yang baru saja.






Tanya ke toko aksesoris motor langganan di daerah kebayoran Lama, ternyata harganya  untuk lampu sen depan 48 ribu perbuah. sedangkan untuk lampu sen belakang perbuahnya 46 ribu. Total punya jumlah jadi 188 ribu. Masih lebih murah dari di bengkel resmi Yamaha yang sempet tanya harganya bisa mencapai 91 ribu hanya untuk satu lampu sen depan (ngak sempet tanya lampu sen belakang...) Murah kan... tapi pasang sendiri... toh ngak terlalu sulit ini.

Eee..... dah mutusin mau beli satu set lengkap depan belakang, itu toko bilang lagi kehabisan stok lampu sen depan (ampun deh...). Berhubung dah mulai sore (hampir jam 5 sore) ya udah beli lampu sen belakangnya aja dulu. 

Sampe rumah langsung mulai operasi (He... he... he... ganti baju dulu lah, bisa di omelin bini kalo baju kerja kotor gara-gara benerin motor). Langsung belanjaan tadi dibuka. Sebenarnya hampir tidak ada bedanya lampu sen sebelah kanan atau kiri. Pembedanya ada pada baut pengikat mika yang harus (sebenarnya ngak juga sih...) menghadap kebawah, jadi lebih baik kalau beli ya kanan dan kiri.



Proses mengganti lampu sen Vixion ternyata tidak terlalu sulit.


Buka jok motor dan singkirkan karet pelindung. Di sana ada kabel yang terhubung untuk lampu sen kanan dan kiri serta lampu rem belakang.


Lepaskan kabel lampu sen. Lebih baik dua-duanya biar praktis


Selanjutnya liat di bagian bawah, tempat dudukan lampu sen.



Buka baut penahan dengan kunci no 8.


Lepaskan semua bagian lampu sen dari dudukannya. Ada beberapa bagian: baut, plat penahan, dudukan lampu sen dan lampu sennya sendiri.

Setelah itu pasang lampu sen yang baru, jangan lupa untuk memasang kembali dudukan lampu sen, plat penahan dan kencangkan bautnya. Lalu sambungkan kembali kabel lampu sen di bawah jok. Selesai sudah...


Tinggal lampu sen depan yang menunggu untuk diganti...

Sempat liat-liat di internet. memang kebanyakan karet lampu sen Vixion robek setelah berusia di atas 4 tahun. Beberapa orang yang kebetulan memiliki Vixion yang saya temui, yang saya liat lampu sennya robek atau kelihatan baru rata-rata Vixion keluaran 2008 ke bawah. Memang daya tahan karet lampu sen juga tergantung kepada pengguna, kondisi sekitar, cuaca dan hal tak terduga lainnya.

Semoga kedepannya, Yamaha motor bila mengeluarkan produk bisa lebih mempertimbangkan jenis material apa yang digunakan. Sehingga bisa lebih awet.
Share this article :

+ comments + 8 comments

Anonim
23/2/13 1:20 AM

ane juga gan punya vixion thn 2008 dy karetnya retak sendiri mungkin karena cuaca aj.jd terpaksa harus ganti karena dah "menggantung" haha...emang bawaan dari sananya gan

6/4/13 9:35 AM

Saya kadang-kadang liat kalo ada vixi yang lampu sein nya patah terus iseng liatin nopolnya. rata-rata sih 4 tahun-an deh yang patah. Ngak tau juga ya kalo pinter ngerawatnya

13/6/13 7:49 PM

Lampu sein V-Ixion saya yang depan sebelah kiri juga robek. Mau tanya, belinya dimana ya? Kebetulan saya tinggal didaerah Jakarta Timur. V-Ixion saya keluaran Tahun 2007.

Di tunggu infonya, terima kasih.



http://www.andrewicaksono.com

27/6/15 11:00 AM

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : asianbet77@yahoo.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
http://asianbet77.com/

27/12/15 9:11 AM

Punya sy malah baru masuk 3 thn om.. kiri kanan yg depan ngeplek.. padahal meteran baru 35rb km.. adeuh.. ternyata emang penyakit dari leluhur toh..

24/2/16 9:05 PM

Mksih infonya gan

13/5/17 10:51 PM

Beli karetnya aja lho ada gan, cuma 20rban, tanpa ganti sein yg lama

21/7/18 7:13 AM

Benar sekali gan, ana cuma 15rb dapat karetnya doang, irit banget

Posting Komentar

 
Support : ebukuku.blogspot.com | Jakarta | Indonesia
Copyright © 2011. ebukuku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger