Selamat datang di ebukuku.blogspot.com

Eksternal Hardisk tidak terdeteksi OSX Maverick dan Yosemite

3 November 20141comments

Sudah lama tidak menengok blog. Habisnya bingung mau berbagi apa ya...
Tapi kali ini saya mau cerita tentang masalah yang saya hadapi ketika upgrade Mac dari OSX mountain lion ke Maverick dan bahkan Yosemite.

Setelah naik kelas dari Mountain Lion ke Maverik sih awalnya biasa saja. tidak ada masalah, malah saya merasa Mac yang saya pakai lebih cepat. Pokoke enak aja deh.
Baru ketika saya mau mengambil beberapa file yang disimpan di External Hardisk masalah mulai kelihatan. Ya... MAc saya tida mendeteksi external Hardisk sama sekali.

Bingung... jelas, gimana mau ngopi data, la wong external hardisknya aja ngak jelas keberadaannya. Coba cek di Finder > Preferences > General, External disks dalam keadaan tercontreng.
Liat juga di Finder > Preferences > Sidebar, External disks juga dalam keadaan tercontreng.
Terus gimana nih....




Lagi pusing mikirin nasib data yang belum jelas keberadaannya. Liat Apple ngasih upgrade baru lagi OSX Yosemite. Pikir punya pikir naikin lagi aja dari Maverick ke Yosemite. Apa lagi setelah cek di mbah Google ternyata banyak juga yang mengalami kejadian Macnya tidak mendeteksi External Hardisk setelah menggunakan OSX Maverick.

Tapi... walau sudah ganti OSX Yosemite, Mac saya masih juga tidak mendeteksi External Hardisk... 
Gimana nih... 
Terpaksa muter-muter di rumahnya mbah Google lagi.
Ternyata ada yang menyarankan untuk melihat Disk Utility untuk mengetahui status External Hardisk. Eh... ada  dan kebaca disana. itu berarti tidak masalah pada externalnya tetapi mungkin di MAC saya aja.





Ketika saya klik Seagate Expansion Drive > Erase, saya lihat formatnya Window NTFS (Tuxera NTFS), Jadi mikir... jangan-jangan... Tuxera saya ngak kompatibel dengan OS X Yosemite dan bahkan Maverick. Ya, saya pakainTuxera karena sebelumnya ketika menggunakan OS X Mountain Lion Mac saya hanya bisa membaca tapi tidak dapat menulis ke external hardisk, serta saya menginginkan format yang bisa mengkopi file lebih dari 4 GB sekali jalan.

Benar saja, setelah saya upgrade Tuxera saya dari sebelumnya versi 2012.3.6 menjadi Versi 2014, langsung External hardisk saya terdeteksi, terbaca dan bisa ditulis. Untuk melihat versi Tuxera dan OS X yang mendukung bisa dilihat disini.

Mungkin masalah ini terjadi karena sebelumnya saya menggunakan Tuxera. Bisa jadi pengguna Mac denga OS X Maverick atau Yosemite lainnya tidak mengalami hal seperti saya.


Share this article :

+ comments + 1 comments

6/1/18 6:54 AM


Zapplerepair memberikan jasa servis onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free consultasi untuk solusi di bidang data security, networking dan performa yg cocok untuk kebutuhan dan kantong Anda. http://zapplerepair.com/antar-jemput-Macbook-iPad-iPhone-iMac-Samsung-Window-Surface-repair-servis-home-service-Pekanbaru-Duri-Dumai.html

Posting Komentar

 
Support : ebukuku.blogspot.com | Jakarta | Indonesia
Copyright © 2011. ebukuku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger