Selamat datang di ebukuku.blogspot.com

Ganti Rantai Motor Vixion

24 Oktober 20120 comments


Rantai motor Vixion yang saya pakai sahari-hari mulai harus di ganti, sudah sampai dibatas yang terakhir itu juga dah mentok ke arm. Sebenarnya lumayan awet juga sih... bawaan pabrik bisa bertahan sampai empat tahun lebih. Memang jarak yang saya tempuh juga tidak terlalu jauh, paling sekitar 30 - 40 km/harinya.




Ngak berani tanya di bengkel resmi Yamaha berapa harga rantai satu set. Soalnya terakhir sempat tanya di sana harga lampu sen depan harganya sekitar 91 ribu, tapi saya cek di toko aksesoris motor cuma 48 ribu (busyet dah... beda hampir 50 persen). Akhirnya saya beli rantai set di toko aksesoris motor daerah Kebayoran Lama. Kena 218 ribu, yah lumayan deh, toh ngak sering sering ini gantinya. 

Sempat kepikiran buat ganti sendiri. Tapi setelah liat kalau rantainya ngak ada sambungannya jadi mikir ulang. Bakalan repot nih, soalnya harus bongkar arm (he... he... he... bongkarnya aja repot, apalagi masangnya ya... dasar emang males). Akhirnya bawa aja ke bengkel deket rumah. 

Bener aja kan...Di bengkel tuh arm dibongkar dulu. Pertama ya kaya biasa. Lepas roda belakang, kedorkan rantai kedepan lalu mulai ganti gir depad dan belakang. Habis itu mulai buka baut shock bagian bawah terus buka as armnya. Lumayan susah juga bukanya, soalnya emang ngak pernah di otak-atik sih jadinya keras bener.. Baru setelah itu rantai diganti yang baru dengan cara diselipin melalui as arm (puyeng deh....)

Gir depan, belakang dan rantai sudah diganti. Mulai deh pasang lagi armnya (lumayan repot juga liatnya...) Terus step berikutnya ya pasang shocknya lah...  Setelah itu ya biasa deh, pasang ban. Ngak kebayang kalo beneran saya kerjain sendiri. Dah alatnya ngak komplit, ribet pula. Kalo di bengkel sih dikerjain ngak sampe 30 menit. Cepat dan bersih, soalnya dikerjain sama 2 orang montir plus 1 asisten.

Akhir cerita saya pulang dengan tenang. Ngak takut lagi rantai lepas ketika dalam perjalanan.

Oh iya... Bagi pemilik motor Yamaha, mungkin web ini (klik di sini) bisa membantu untuk mengetahui harga onderdil motor Yamaha yang hendak anda beli.  Buat patokan saja, kayanya kalo di toko aksesoris motor bisa lebih murah.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : ebukuku.blogspot.com | Jakarta | Indonesia
Copyright © 2011. ebukuku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger