Selamat datang di ebukuku.blogspot.com

Festival Jajanan Bango 2013 - Legenda Kuliner Indonesia

14 April 20130 comments

Festival Jajanan Bango - Legenda Kuliner Indonesia

Festival tahunan yang berlangsung sejak tahun 2005 ini merupakan festival yang menampilkan aneka ragam makanan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Tahun ini Jakarta menjadi persinggahan terakhir, setelah sebelumnya berlangsung di kota Bandung, Surabaya, Malang dan Semarang. Festival di Jakarta diadakan pada hari Sabtu, 13 April 2013, bertempat di Plaza Selatan Gelora Bung Karno, mulai pukul 9 pagi hingga 10 malam.

Mengunjungi FJB (Festival Jajanan Bango) kali ini, begitu memasuki pintu gerbang festival, kita bisa melihat 'Malika'. Itu bukan nama cewek ya, melainkan kedelai hitam yang menjadi sumber bahan baku pembuatan kecap Bango. Juga bisa kita lihat aneka produk kecap Bango dan tentu saja icip-icip gratis. Bokin sempat 'kecele' dipikir icip-icipnya banyak, soalnya kardusnya gede banget. Tarnyata cuma satu potong tempe gongeng dan satu potong tahu goreng ukuran 'kecil banget' disiram dengan kecap Bango. Ha... ha... ha...

setelah melewati tenda penyambutan, kita bisa menemukan berbagai stan makanan tradisional yang memanjang di bagian kanan dan kiri. Dipisahkan oleh satu tenda besar untuk bersantap di bagian tengah (sebenarnya sih ngak cukup juga buat nampung pengunjung yang banyak dan berjubel). Tahun ini FJB membawa 50 kuliner nusantara dan 10 diantaranya dianggap sebagai legenda kuliner Indonesia.

Sempat mencicipi beberapa jajanan disana, dan rasanya enak... enak... enak.... Rata-rata harga perposdinya Rp.15.000,- kecuali untuk 2 jenis jajanan yang berharga Rp.22.000 dan Rp.25.000, ngak inget apa nama jajanannya. Atau ada juga yang dibawah Rp.15.000. Tapi itu berupa cemilan atau es kream.

Ada juga Panggung hiburan yang besar di bagian belakang. Tapi sayang ketika saya datang belum ada acara disana. Maklum saya datang antara jam 10 hingga 12 siang. Jadi tanggung, Acara pembukaan sudah selesai dan acara hiburan belum dimulai, wkk... wkkk.. wkkkk...

Ya seperti perkiraan lah........ FJB intinya merupakan ajang promosi dan penjualan kecap Bango. Jadi kalau kita membeli satu porsi jajanan, harga yang kita bayar itu lebih mahal karena kita juga harus membayar untuk satu kecap bango ukuran kecil. Jadi ketika saya dan istri makan 3 jenis jajanan (jadi 6 porsi). saya juga mendapat 6 kupon yang bisa ditukar dengan kecap Bango ukuran kecil. Alhasil saya pulang membawa banyak kecap, karena istri masih membeli produk Bango seharga Rp.25.000.

Tapi saya pribadi cukup puas. karena ngak perlu jalan jauh-jauh untuk merasakan kuliner Indonesia. Cukup di satu tempat kita bisa merasakan jajanan dari berbagai daerah di Indonesia.

Semoga tahun depan FJB masih diadakan dan Jakarta menjadi salah satu tempat yang disinggahi.













Share this article :

Posting Komentar

 
Support : ebukuku.blogspot.com | Jakarta | Indonesia
Copyright © 2011. ebukuku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger