Selamat datang di ebukuku.blogspot.com

MENULIS di external hardisk melalui MAC

24 Oktober 20131comments


Ceritanya, sudah berapa tahun tidak pakai komputer Mac dan sudah terbiasa memakai Windows, dan sekarang saya punya kesempatan untuk menggunakan keduanya sekaligus.Untuk Windowsnya masih menggunakan Windows 7 sedang Mac-nya OSX 10.8.5 (Mountain Lion)

Pada awalnya sih tidak ada masalah karena kebanyakan data saya ada pada komputer Windows, dan setiap kali memerlukannya di Mac saya tinggal copy saja paka external hardisk atau flash disk dari Windows ke Mac. Pokoknya asik aja deh...

Nah masalah mulai timbul ketika saya memerlukan data di Mac untuk dicopy ke Windows. Untuk data yang kecil-kecil sih gampang saja tinggal pakai flash disk. Selama jumlah filenya masih di bawah 8GB sih oke-oke lah... (soalnya saya cuma punya flash disk paling besar 8GB doang ... hua... ha.. ha... ). Tapi ketika harus memindahkan file yang besarnya hampir 100GB masa saya harus bolak-balik copy pakai flash disk, ya ngak lah...

Nah Saya pakai external hardisk biar gampang bin cepet.
Tapi...
loh kok ngak mau dicopy ya...
Setelah berapa kali mencoba dan tetap gagal akhirnya saya coba bertanya sama mbah Google...

Selidik-punya selidik ternyata hardisk saya berformat NTFS yang merupakan format standar dari Windows. Itu berarti external hardisk saya hanya bisa dibaca dan 'DITULIS' di windows. Sedangkan di Mac hanya bisa dibaca saja.

Lalu kenapa flash disk saya bisa dibaca dan ditulis baik di Windows maupun di Mac. Itu karena flash disk saya berformat FAT32. Kalau begitu bagai mana bila external hardisk saya diformat saja sebagai FAT32. Ternyata FAT32 (menurut mbah Google) memiliki keterbatasan dalam mengcopy file yang besarnya lebih dari 4GB alis tidak bisa mengkopy lebih dari 4GB dalam satu kali jalan (lah kalau ada file yang besarnya lebih dari 4GB ya ngak bisa dong). Lalu bagai mana dong...

Tapi setelah lama muter-muter di Google, saya iseng lihat external hardisk saya. Ternyata didalamnya sudah ada Mac Drivernya, walaaaahhhh... Setelah dibuka isinya adalah Tuxera NTFS for Mac. Tinggal instal di Mac dan... ta raa..... external hardisk pun bisa berfungsi kumplit baca dan tulis di Mac. Di windows sendiri externalhardisk tidak ada masalah. Untuk lengkapnya coba kunjungi http://www.tuxera.com/mac/onlinehelp/. untuk mengetahui suport atau tidaknya dengan OS Mac kita.

Jadi kalau kita membeli external hardisk jangan lupa untuk mengecek isi didalamnya. Biar tidak seperti saya yang harus muter-muter cari ternyata jawabannya ada di depan mata. Ampuuuun deh.....



Masih ada beberapa cara lagi yang saya dapatkan dari mbah Google yaitu:

Menggunakan aplikasi Terminal di Mac. Kita harus mencari nomor Volume UUID hard disk NTFS kita. Caranya dengan mengetikan diskutil info/volumes/nama_hardisk
Lihat di bagian belakang ditulis nama_hardisk, itu berarti hanya bisa untuk satu hardisk saja, atau beberapa hardisk tapi dengan nama yang sama. Lalu bagai mana bila hardisk yang kita pakai bernama beda (misalnya pinjem dari temen...). Ya... itu berarti kita harus cari lagi Volume UUID-nya dengan mengulang semua proses dari awal.
Sedangkan prosesnya panjang (coba cari di mbah Google)
Jadinya.... RIBET

Memformat external hardisk dengan FAT32 tapi ini punya kelemahan yaitu dalam satu kali jalan (copy maksudnya...) hanya bisa sebesar dibawah 4 GB. Tapi bisa diakali dengan memformatnya dengan ExFAT. Tapi format ini katanya bermasalah dengan Windows fersi lama.

Menformat external hardisk dengan macjournal, tapi yang saya baca di Google external hardisk jadi tidak terdetec. Tapi bisa diatasi dengan mengistal Mac Drive Di Windows

Mengistal Paragon di Mac. Dengar-dengar sih cara ini bisa sukses membaca dan menulis baik di Windows maupun di Mac.

Mengistal MacFuse Core (usahakan yang terbaru) sesuai dengan OS nya, lalu Install NTFS-3G. Install keduanya di Mac. Katanya sih cara ini juga berhasil.

Dan mungkin masih ada lagi cara lain yang bisa kita temukan jawabannya di mbah Google. Silahkan anda memilih sendiri yang mana yang akan digunakan. Atau mungkin Anda memiliki cara lainnya.


Share this article :

+ comments + 1 comments

2/12/17 11:05 PM

Pindah seluruh data iTunes dari Mac lama ke Mac yg baru
Disini Caranya

Posting Komentar

 
Support : ebukuku.blogspot.com | Jakarta | Indonesia
Copyright © 2011. ebukuku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger