Selamat datang di ebukuku.blogspot.com

Gedung Tertinggi Di Dunia Diresmikan

4 Januari 20100 comments

Burj Dubai yang merupakan gedung tertinggi di dunia diresmikan hari senin, 4/1/10, Gedung ini terletak di pusat kota Dubai Uni Emirat Arab dan memiliki ketinggian hingga mencapai 800 meter dengan 160 lantai dan dapat terlihat dari jarak 95 kilometer, bila kita berada dipuncaknya kita dapat melihat keindahan kota Dubai.

Burj Dubai merupakan sebuah proyek prestisius yang pembangunannya dilakukan salah satu perusahaan properti terbesar di UAE, Emaar, bekerjasama dengan perusahaan arsitektur dan teknik sipil asal Chicago, Amerika Serikat, Skidmore, Owings and Merrill (SOM).

Menjelang peresmiannya, lantai teratas dijaga ketat dan tertutup. Dengan begitu belum bisa dipastikan ketinggian gedung yang dibangun pada 2004 silam. Diperkirakan tingginya mencapai lebih dari 800 meter dan mengalahkan Taipei 101 di Taiwan dengan ketinggian 508 meter. Sebelumnya Taipei 101 tercatat sebagai gedung tertinggi di dunia yang pernah dibangun. Bahkan dengan ketinggiannya Burj Dubai juga mengalahkan menara komunikasi CN Tower di Toronto, Kanada, yang mencapai 555 meter

Bentuk gedung unik seperti jarum menjulang tinggi ke langit. Ketinggiannya gedung juga menjadi daya tarik.Burj Dubai dapat menampung sebanyak 12 ribu orang. Gedung ini mempunyai 1.044 apartemen, 49 lantai ruang kantor, 160 toko serta Hotel Armani dengan 1,100 kamar. yang merupakan hotel elite dunia pertama kali dengan kelengkapan yang sangat mewah dan memanjakan kaum jetset dunia.



Bangunan tersebut terbuat dari 330 ribu meter kubik beton dan 31.400 ton besi. Untuk melayani tamu maupun para penyewa gedung, Burj Dubai memiliki 57 elevator tertinggi di dunia, dilengkapi dengan lift tercepat di dunia, untuk sampai ke lantai tertinggi gedung ini hanya dibutuhkan waktu 2 menit dengan menggunakan lift berkecepatan 40 km/jam.. Burj Dubai rencananya juga memiliki beberapa stasiun televisi dan radio berikut pemancarnya. Diperkirakan pembangunan menghabiskan biaya sekitar US$ 20 miliar. Meski sempat diguncang krisis utang, pembangunan gedung diselesaikan tepat waktu


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : ebukuku.blogspot.com | Jakarta | Indonesia
Copyright © 2011. ebukuku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger