Selamat datang di ebukuku.blogspot.com

Luka Sembuh dengan air ludah???

22 Februari 20120 comments

Mungkin ketika kita masih kecil pernah mengalami luka kecil akibat jatuh atau terkena benda tajam. Terkadang orang tua atau bahkan teman kita sendiri menganjurkan untuk mengoleskan ludah ke luka yang kita alami. Anehnya terkadang memang luka menjadi kering yang cepat sembuh.

Ini mengilhami para ilmuwan untuk menelitinya. Di Belanda para peneliti menemukan bahwa protein yang terdapat pada air ludah yang biasa disebut dengan 'histatin' diperkirakan mampu menyembuhkan luka pada kulit manusia. Sebelumnya protein ini dipercaya mampu membunuh kuman yang masuk melalui mulut.

Para peneliti ini juga percaya, zat yang terkandung pada ludah ini cukup baik bagi penderita luka yang sulit untuk sembuh seperti borok, luka yang sulit sembuh karena diabetes, luka yang mengakibatkan trauma serta luka bakar.

Zat ini pun mudah diproduksi secara cepat dan banyak. Mungkin inilah yang menjadi alasan orang tua kita untuk mengoleskan ludah pada luka, dibandingkan harus mencari obat luka terlebih dahulu. Diperkirakan manusia memproduksi sekitar 700ml ludah setiap harinya, sehingga memungkinkan penggunaannya sama seperti anti biotik atau alkohol.



Penelitian yang dilakukan semmpat dipublikasikan pada The Journal of Federation of American Societies for Experimental Biology (FASEB). Pada jurnal itu juga dijelaskan, mengapa hewan sering menjilat luka mereka. Serta mengapa luka di mulut lebih cepat sembuh dibandingkan luka di kulit dan tulang.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : ebukuku.blogspot.com | Jakarta | Indonesia
Copyright © 2011. ebukuku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger