Selamat datang di ebukuku.blogspot.com

Kota-kota berhantu di dunia

23 Februari 20120 comments

Sama seperti manusia, sebuah kota juga mengalami kelahiran, pertumbuhan bahkan hingga mengalami kematian. Tentu saja dalam hal ini kematian yang dimaksudkan adalah kota tersebut telah ditinggalkan. Kegiatan sehari-hari yang pada awalnya sangat ramai menjadi sepi. Bangunan-bangunan yang ditinggalkan dan segala fasilitas yang ada menjadi rusak dan hancur sehingga dianggap sebagai kota mati dan berhantu.



St. Elmo, Colorado




Pada awalnya kota Elmo merupakan sebuah kota pertambangan dan pertambangan yang tumbuh dengan pesat. Kota ini dibangun di dekat dengan rute kereta api yang dibangun melintasi pusat kolorado.

Kota ini perlahan mulai ditinggalkan ketika jalur kereta api yang melintasinya ditutup pada tahun 1922 dan mulai mengalami kematian. Bangunan yang ada, termasuk toko, rumah, dan gereja-dibiarkan utuh, penuh dengan barang-barang yang ditinggalkan begitu saja oleh pemilik sebelumnya.

Pada saat ini kota Elmo dijadikan tujuan wisata, terutama jalur untuk hiking dan off-road dengan akses yang mudah



Chaco Canyon, New Meksiko




Sekitar tahun 800 - 1100 Masehi, Peradaban Chaco berkembang pesat. Ngarai tempat mereka membangun pemukiman berfungsi sebagai pusat keagamaan, kemasyarakan, budaya dan ekonomi. Bangunan tempat tinggal dibangun dengan struktur melingkar, dan disebut kivas. Bangunan yang ada dibuat dari bata lumpur, batu pasir, dan kayu dan hingga kini masih banyak yang tetap utuh.



Bodie, California




Kota Bodie pada tahun 1879 merupakan sebuah kota pertambangan emas yang ramai dan tempat tinggal bagi lebih dari 8.500 warga dikenal sebagai gunfighting dan suka berkelahi.

Hanya dalam satu dekade, sebagian besar tambang emas telah habis dan penduduk mulai meninggalkan kota dan meninggalkan 150 bangunan.

Saat ini Bodie merupakan situs bersejarah di California, 7 mil (11 km) sebelah selatan kota Bridgeport.



Humberstone dan Santa Laura, Gurun Atacama, Chili





2 kota yang di bangun oleh perusahaan di Cili Utara itu mulai ditinggalkan pada tahun 1958. Bangunan yang ada termasuk sebuah teater lengkap dengan kursinya, rumah, sebuah kolam renang terbuat dari lambung kapal, hotel, dan toko-toko grosir yang masih lengkap dengan daftar harga.



Bhangarh, Rajasthan, India




Kota yang terletak 18 mil (29 km) timur laut dari Jaipur dibangun sebelum abad ke 17 masehi. Bhangarh mulai ditinggalkan penduduknya dah perlahan mulai mati dan hancur setelah ditaklukkan oleh raja Jaipur di tahun 1720-an. Reruntuhan bangunan, termasuk candi, paviliun, benteng, dan pasar yang berasal dari abad pertengahan menurut cerita menjadi tempat yang angker dengan legenda menakutkan.



Kayaköy, Anatolia, Turki




Ketika perang Yunani-Turki berakhir pada tahun 1923, sekitar satu juta orang Yunani yang tinggal di Turki dipulangkan. Kayaköy (terletak 2,5 mil/4 km sebelah Selatan Fethiye) sebuah desa yang dihuni sekitar 2.000 warga kebangsaan Yunani ditinggalkan. Sisa-sisa desa-termasuk ratusan rumah hancur dan dua gereja Ortodoks Yunani saat ini dijadikan sebagai situs bersejarah.



Pyramiden, Svalbard, Norwegia




Kota tambang batubara ini dimiliki oleh Uni Soviet sejak tahun 1927. Dibangun sebagai kota yang ideal, lengkap dengan barak pekerja, pusat olahraga dan patung Lenin. Tambang batubara ini sekarang habis dan penduduk kota meninggalkan bangunan tempat tingga, termasuk sebuah perpustakaan penuh buku, teater, dan ruang musik dengan piano besar, dan kosong sejak 1998.



Herculaneum, Naples, Italia




Pada musim panas tahun Masehi 79, Gunung Vesuvius meletus dan mengubur, kecil kaya Romawi resor tepi laut di Herculaneum membakar abu dan batu. Penggalian arkeologi telah menemukan vila pribadi, toko, bathhouses, dan berbagai menarik dari benda sehari-hari.

Perencanaan: Herculaneum, 5 mil (8 km) selatan Naples, dapat dicapai dari kota dengan bus atau kereta api (stasiun Ercolano). www.travelplan.it



Belchite, Zaragoza Provinsi, Spanyol




Kota Belchite menjadi tempat pertempuran yang keras ketika terjadi Perang Saudara Spanyol (1936-39). Dikuasai pasukan Franco pada tahun 1937, kota ini diserang oleh Tentara Republik. Pertempuran itu menghancurkan kota dan menyisakan bangunan yang porak poranda yang dibiarkan untuk menjadi saksi sejarah.



Kolmanskop, Namibia




Kota yang terletak di antara bukit pasir Gurun Namib dibangun untuk rumah pekerja tambang berlian di dekatnya. Kota ini ditinggalkan pada pertengahan 1950-an dan sejak saat itu, padang pasir lah yang menjadi penguasa, hampir setiap bangunan terisi oleh pasir walau secara fisik bangun yang ada masih dalam kondisi baik.




Sumber : www.nationalgeographic.com
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : ebukuku.blogspot.com | Jakarta | Indonesia
Copyright © 2011. ebukuku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger