Selamat datang di ebukuku.blogspot.com

Di masa depan Lensa Kontak bisa menerima email

29 November 20110 comments

Kita akan menemukan bahwa perangkat komputer yang kita temui semakin hari semakin kecil. sebagai contoh kegiatan online yang dahulunya dilakukan melalui komputer, pada saat ini dilakukan orang lewat perangkat ponsel. Mungkin dalam beberapa tahun kedepan kegiatan online ini akan dilakukan lewat perangkat yang lebih kecil lagi. Salah satunya Lensa Kontak, yang mampu memproyeksikan email yang kita terima langsung ke bola mata kita.



Sebuah tim dari Universitas Washington baru-baru ini menyelesaikan uji coba pada generasi baru lensa kontak yang memungkinkan orang untuk membaca email dan bahkan meningkatkan visi mereka dengan informasi yang diperoleh dari internet. Sirkuit yang terbuat dari lapisan logam dengan ketebalan hanya beberapa nanometer dan fitur cahaya-emitting dioda hanya menghasilkan ketebalan sepertiga milimeter.

Masih ada kendala dalam pemanfaatan Lensa Kontak ini. Hingga saat ini belum ada sumber daya yang layak untuk memberi energi lensa kontak generasi baru ini. Prototipe saat ini hanya bekerja jika Lensa Kontak berada dalam jarak sangat dekat dengan baterai nirkabel sebagai sumber dayanya (hanya berjarak beberapa milimeter). Sedangkan pemakaian Lensa Kontak ini jangka panjang pasti akan menimbulkan efek pada permukaan mata yang diakibatkan suhu panas dari sirkuit listrik dan bahan kimia beracun yang mungkin terkandung dalam lensa tersebut

Dalam Journal of Micromechanics dan microengineering, pemimpin peneliti Profesor Babak Parviz mengatakan bahwa tujuan tim berikutny adalah untuk "menggabungkan beberapa teks yang telah ditentukan dalam lensa kontak".

Tim ini telah berhasil melakukan uji coba pada hewan, dan akan melangkah ke tahap berikutnya di mana mereka akan menggabungkan ratusan piksel ke dalam lensa. Tim ini percaya bahwa mereka bahkan bisa membuat gambar holografik yang kompleks seperti arah navigasi atau informasi perbandingan harga ketika melihat sebuah produk tertentu.

Teknologi ini dapat digunakan di berbagai bidang, seperti kesehatan dan tempat hiburan, tetapi untuk saat ini saya cukup senang dengan sepasang kacamata yang mampu melakukan hal yang sama. "Suatu hari nanti mungkin kita akan memiliki streaming secara penuh dalam lensa kontak Anda," kata Parviz. "Jika kita dapat membuat mereka merasa se-nyaman memakai lensa kontak biasa, dan tidak merasa memakainya. Itulah peralatan elektronik utama yang benar-benar dibutuhkan. "

Sumber http://inhabitat.com/next-gen-contact-lenses-could-send-emails-directly-to-your-eyes/

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : ebukuku.blogspot.com | Jakarta | Indonesia
Copyright © 2011. ebukuku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger